Get 40% OFF

12 Pepatah Tiongkok nan Bijak, Bikin Kamu Auto Tenang

Tak semua hari terasa mudah. Ada kalanya kita lelah menjalankan peran sebagai ibu, istri, pemilik bisnis, karyawan, atau apapun peran yang kita jalani saat ini.

Selain berdoa, ada banyak kebijaksanaan dari para leluhur yang bisa kita tengok kembali. Antara lain, pada 12 pepatah Tiongkok yang bijak ini.

 有理走遍天下,无理寸步难行 (yǒu lǐ zǒu biàn tiān xià, wú lǐ cùn bù nán xíng)
Bila kebenaran ada di pihak kita, kita dapat pergi kemanapun. Namun tanpa kebenaran, kita tidak bisa melangkah ke mana – mana.

灯不拨不亮,理不辩不明 (dēng bù bō bù liàng, lǐ bú biàn bù míng)
Lampu minyak menjadi lebih terang setelah dipangkas, kebenaran menjadi lebih jelas setelah didiskusikan.

三人一条心,黄土变成金 (sān rén yì tiáo xīn, huáng tǔ biàn chéng jīn)
Jika semua orang bersatu hati, bahkan tanah yang kuning bisa berubah menjadi emas. Selama semua orang bersatu, tujuan apapun bisa dicapai.

当局者迷,旁观者清 (dāng jú zhě mí, páng guān zhě qīng)
Penonton melihat pertandingan dengan lebih jelas daripada pemain. Artinya, bahwa seseorang yang terlibat dalam suatu masalah biasanya tidak bisa memiliki sudut pandang yang lengkap karena terlalu sibuk dengan masalah yang ada. Sedangkan orang yang melihat dari luar karena lebih tenang dan obyektif, akan memahami persoalan dengan lebih baik.

不能一口吃成胖子 (bù néng yīkǒu chī chéng gè pàngzi)
Tidak ada satupun yang bisa dicapai dengan baik secara instan.

风无常顺,兵无常胜 (fēng wú cháng shùn, bīng wú cháng shèng)
Sebuah perahu tidak akan selalu mendapat angin saat berlayar, tentara tidak bisa selalu menang dalam pertarungan. Pepatah ini mengajarkan bahwa dalam hidup ini akan selalu ada kesulitan untuk dihadapi, tidak mungkin hidup selalu berjalan mulus.

只要功夫深,铁杵磨成针 (zhǐ yào gōng fū shēn, tiě chǔ mó chéng zhēn)
Jika bekerja cukup keras, bahkan sebatang besi bisa diubah menjadi jarum. Pepatah ini mengajarkan kita untuk tetap bertahan dan bekerja keras dalam situasi apapun.

种瓜得瓜,种豆得豆 (zhòng guā dé guā, zhòng dòu dé dòu)
Menanam labu akan memanen labu, menanam kedelai akan memanen kedelai. Pepatah ini sama dengan pepatah dalam bahasa Indonesia: “Apa yang kau tabur, itu yang kau tuai.”

Foto oleh Taryn Elliott dari Pexels


一步一个脚印儿 ( yī bù yī gè jiǎo yìnr)
Setiap langkah selalu meninggalkan jejak, belajarlah dengan tekun dan buatlah kemajuan yang berarti.

冰冻三尺,非一日之寒 (bīng dòng sān chǐ, fēi yī rì zhī hán)
Butuh waktu lebih dari satu hari untuk membekukan sebuah sungai sedalam 3 kaki. Artinya, meraih kesuksesan membutuhkan waktu.

一人难称百人心 / 众口难调 (yī rén nán chèn bǎi rén xīn / zhòng kǒu nán tiáo)
Sulit untuk menyenangkan semua orang.

千里之行,始于足下 (qiān lǐ zhī xíng, shǐ yú zú xià)
Sebuah perjalanan yang jauh dimulai dengan satu langkah kecil. Sebuah kesuksesan yang besar dimulai dengan melakukan hal yang sepele dan kecil.

Invite & Earn

X
Refer a friend & both of you enjoy 50% OFF. *LIMITED TIME ONLY*
LOGIN / REGISTER